Tuesday, February 16, 2010

My Tax, Buku Panduan Praktis Pengisian dan Pelaporan SPT Pribadi

Mengisi SPT adalah suatu pekerjaan yang dirasakan paling sulit bagi para Wajib Pajak. Apalagi ketentuan perpajakan dan formulir SPT yang senantiasa berubah yang menyebabkan kebingungan di tengah masyarakat dalam mengisi SPT. Belum lagi adanya kekhawatiran di kalangan Wajib Pajak apabila terdapat kesalahan pada SPT yang diisi dan disampaikan sendiri oleh Wajib Pajak. Sebagian Wajib Pajak yang tidak ingin menghadapi masalah dengan pelaporan SPT ini mempercayakan pengisian dan pelaporan SPT kepada Konsultan Pajak. Namun jika menggunakan konsultan pajak, tentulah perlu biaya ekstra yang harus dianggarkan untuk menyewa seorang konsultan pajak. Apalagi biaya untuk membayar jasa seorang konsultan pajak tidaklah murah.
Untuk mengatasi itu semua, kini telah terbit sebuah buku panduan bagi Wajib Pajak orang pribadi (khususnya Wajib Pajak orang pribadi yang bekerja pada perusahaan atau perseorangan yang mempekerjakan mereka sebagai pegawai (termasuk juga pegawai negeri sipil), karyawan, direktur, dosen, guru, dan sejenisnya) yang menguraikan secara gamblang dan mudah mengenai cara mengisi dan melaporkan SPT Tahunan PPh. Buku yang diberi judul My Tax SPT 1770 SS dan SPT 1770 S (karangan Syafrianto dan Lani Dharmasetya) dan diterbitkan oleh PT Elexmedia Komputindo ini tidak seperti buku-buku petunjuk pengisian SPT yang telah beredar selama ini yang pembahasannya sangat rumit dan terlalu teknis.
Pembahasan dalam buku Buku My Tax ini disusun sedemikian rupa sehingga diharapkan dapat lebih untuk dipahami. Dalam pembahasan pengisian SPT, sengaja digunakan metode pembahasan dengan model pemetaan cara pengisian sehingga diharapkan pembaca dapat lebih mudah dalam mengisi SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Formulir 1770 SS dan 1770 S. Pembahasan pengisian SPT tersebut sengaja tidak dilakukan secara berurutan seperti buku-buku yang saat ini sudah beredar karena dirasakan pembahasan dengan metode demikian justru membingungkan dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mempelajari seluruh isi Formulir SPT.
Selain Buku, juga terdapat CD My Tax yang berisi software program pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Formulir 1770 SS dan Formulir 1770 S. Anda sebagai Wajib Pajak dapat dengan mudah mengisi SPT dengan menginput beberapa data penghasilan dan identitas pribadi dan secara otomatis SPT Tahunan PPh Orang Pribadi milik Anda sudah siap untuk dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak.
Buku yang dijual satu paket dengan CD My Tax ini dan dibandrol dengan harga Rp 75.000,00 dapat diperoleh di toko buku Gramedia di seluruh Indonesia atau toko buku Grup Gramedia lainnya. Berdasarkan pengamatan penulis, buku ini di-display di Toko Buku Gramedia pada bagian Rak Software dan program komputer.
Artikel terkait:
- http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=17481.0
- http://elexmedia.multiply.com/reviews/item/1239

No comments:

Post a Comment